Situs Pariwisata Indonesia

Begitu melihat homepage Situs pariwisata Indonesia, yang muncul di pikiran saya adalah “Why so serious?”

Beneran, why so serious. Mungkin si perancang web ingin menunjukkan Indonesia melalui gambar-gambar visual, tetapi gambar yang penuh dalam satu halaman dan berjalan kesana kemari, dengan warna-warna yang kontras benar-benar bukan pilihan yang baik. Belum lagi ketika mouse saya arahkan ke gambar yang menarik, efek hovernya muncul, mendadak gambar yang menarik tadi di lapisi warna merah bata yang sedikit transparan dan judul artikel atau tulisan yang dibuat dihighlight dengan warna merah bata tanpa transparan, Arrrgggghhhhh, mata saya!

indonesia.travel1

Cukup dengan pemilihan warnanya, situs ini menambah kejengkelan dengan membuat fixed button yang menyusahkan saya dalam membaca. Sekali lagi, Aarrggghhhhh.

indonesia.travel2

Saya menghela nafas, kemudian saya melihat menu-menu yang disajikan pada bagian atas. Hmm, saya yakin, yang namanya situs pariwisata, pasti kontennya banyak sekali, karena tidak sedikit hal yang disajikan. Saya setuju dengan perlu adanya kategori-kategori yang membantu si pengunjung situs untuk langsung mencari tahu apa yang mereka inginkan. Dengan konten yang banyak, kategori yang tidak sedikit, bukan ide yang baik jika menggunakan menu dropdown dengan jarak spasi antar tulisan cukup besar, makan tempat!

indonesia.travel3

Saya tidak punya keinginan untuk melihat isi situs ini lagi, keki duluan.

Karena sedang rencanakan buat jalan-jalan ke Korea tahun depan, kadang-kadang saya suka mengintip situs pariwisata Korea Selatan, dan situsnya sesuatu banget. Saya benar-benar jatuh cinta sama situs itu. Menu-menunya komplit banget, saya selalu penasaran berapa total halaman yang mereka miliki di situs itu. Saya coba searching-searching tentang best tourism website dan Finlandia yang dapat gelar itu. Dan benar saja, situsnya… situsnya cantik banget! Warna-warna gambar-gambarnya tzakep! Situs itu juga pakai fixed button, tapi saya nggak terganggu sama sekali! Siapa yang nggak mau explore situs itu coba? Mendadak saya ingat situs negeri sendiri, hhhhhhhh!

visitfinland

visitkorea

Disclaimer:

Saya bukan profesional di bidang design atau website, hasil tulisan diatas saya tulis berdasarkan pengalaman membuka situs-situs dan murni atas opini kenyamanan pribadi dalam melihat situs.

Advertisements

9 thoughts on “Situs Pariwisata Indonesia

  1. Iya ya, aneh banget kalo situs kayak gitu. Lagian, desain yang baik adalah desain yang nyaman/enak di mata orang lain. Sotoy ya gua.. haha..

  2. Hihi lg googling; Best tourism website eh terdampar disini.
    Iya tuh web pariwisata indo tuh ngapa bikin ilfil ya? Tapi pengalaman kerja sama proyek kreatif dgn pemerintah kita tuh emang ga segampang itu sih, masalahnya banyak yg ga ngerti jg gimana utilize website bwt pariwisata, dapet konsultannya jg mungkin yg cuma ngejar tender asal jadi website aja bukan yg bener2 punya visi output yg lebih baik.

    Salam kenal ya dari The Traveling Cows

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s