Visa Bekerja dan Berlibur di Australia!

Source: https://wisatahiburan.com/wp-content/uploads/2017/02/Working-in-Australia.jpg
Source: https://wisatahiburan.com/

Halo.. Jadi minggu kemarin saya baru aja dapat email dari Kedutaan Australia kalau pengajuan visa saya untuk bekerja dan berlibur di Australia akhirnya di-approve juga, yay!

Saya nungguin visa ini selama 224 hari, lamaaaa banget sampe saya hampir jamuran dan lupa kalau visa saya yang satu ini per 10 Juli kemarin ini masih belum dapat approval dari Kedutaan Australia.

Disini saya gak bakal ngomongin syarat dan dokumen apa aja yang diperlukan buat ajuin visa ini, semuanya bisa dicek langsung ke situs imigrasi Indonesia dan Australia. Saya cuma mau bagi-bagi tips aja buat yang punya rencana untuk apply visa ini.


The Work and Holiday (Temporary) visa (subclass 462) is for young people who want to holiday and work in Australia for up to a year.

It is a temporary visa that encourages cultural exchange and closer ties between Australia and eligible partner countries.


Menurut saya sih syarat utama buat apply visa ini cuma Jangan ditunda-tunda & Sabar. Soalnya sekarang udah banyak banget orang yang tau soal visa ini dan untuk orang Indonesia sejauh ini masih dibatasin 1000 orang per tahun jadi kemungkinan proses dapat visanya bakal lama soalnya ngantri dan berebut.

Perlu pakai agent gak?

Seriously, gak perlu sama sekali. Urus visa ini gampang banget selama semua dokumen-dokumen kalian asli dan bisa diverifikasi keasliannya. Kalau kalian pakai agent, sayang banget uangnya soalnya saya urus sendiri cuma habis sekitar 8,5 juta di luar ongkos perjalanan. Kalau kalian mau pakai agent, kalian harus tau kalau:

  1. Ujian IELTS gak bisa diwakilin. Tetap ujian sendiri dan sebelum ujian kalian akan difoto dan fotonya akan dicetak juga di sertifikat. Jadi, jangan lupa dandan pas mau ujian. #eh
  2. Interview di kantor imigrasi juga gak bisa diwakilin. Semua dokumen asli harus dibawa dan tunjukin langsung ke petugas imigrasi yang wawancara.

Bagusnya kapan daftar ke website Imigrasi biar kebagian quota?

Secepatnya. Kalau kalian berencana buat ikut program ini dalam 1 tahun ke depan, langsung aja daftar ke website imigrasi. Gak usah pilih tanggal cantik buat daftar ke website imigrasi, ingat visa ini sekarang peminatnya buanyak banget jadi siapa cepat, dia dapat. Saya daftar ke website imigrasi tanggal 29 November 2016 dan baru dipanggil untuk interview pada 15 Maret 2017. Total saya menunggu selama 15 minggu untuk dapat panggilan interview di Kantor Imigrasi. Itupun setelah saya submit dokumen ke VFS dan menunggu ID untuk medical check up,  saya tiba-tiba diinfoin kalau visa saya dihold sampai 01 July 2017 karena quota 2016/2017 sudah habis.

Resign

Kalau kalian masih bekerja tapi pengen apply visa ini, saran saya sih jangan ambil resiko dengan resign dulu baru apply visa ini. Mendingan sambil ngurus visa tetap kerja. Toh kalaupun visa kalian cepat granted, Final Entry Date untuk visa ini adalah 1 tahun sejak Issue Date. Jadi, kalau misalnya kalian masih ada kontrak kerja, bisa diselesaikan dulu kontrak kerjanya baru kalian berangkat ke Australia.

Jangan kebanyakan planning

Boleeh siihh kalau mau planning, tapi buat rencana kasar aja, gak usah planning yang panjang x lebar x tinggi. Balik lagi ke fakta kalau sekarang peminat visa ini sudah banyak banget, jadi kalau belum dapat grant notification dari Embassy, mending jangan planning banyak-banyak dulu. Ntar nyesek kalau udah planning panjang-panjang eh digantungin sama orang imigrasi dan embassy.

Tunggu aja!

Nunggu itu gak sesusah yang dibayangkan koq! Makanya jangan resign dulu, jadi sambil nunggu masih bisa sambilan kerja dan menghasilkan uang.

Apa lagi ya tipsnya, oh ya…. Banyak baca~

Di postingan terpisah, saya bakal share timeline saya dari awal banget saya tau soal visa ini sampai akhirnya saya granted.

Leave a Reply

